Memanah: Sunnah dan Sebuket Manfaat

by - 7:49:00 PM


Cabang olahraga di dunia ini begitu beragam dan bahkan terlalu beragam untuk disebutkan satu per satu. Kalian sendiri mungkin punya satu atau lebih dari dua cabang olahraga kesukaan. Eh hai, tapi kalian pernah tertarik dan terpikir tentang olahraga yang satu ini, belum? Memanah.

Memanah atau archery untuk awesome writer sebenarnya sudah lama jadi idaman. Sayang, dulu fasilitas dan segala kebutuhan memanah belum terlalu terjangkau. Jadi, memanah terus saja cukup menjadi impian hingga suatu hari Allah datangkan juga kesempatan terbaik.

Kenapa harus memanah? Dulu sekali kenapa ya this awesome writer terpikat dengan olahraga panahan? Kalau tidak salah ingat, tapi entah tepatnya di umur berapa, awesome writer pernah membaca suatu buku. Di sana sang penulis menyinggung sesuatu tentang memanah, berkuda, dan berenang. Isi dari buku itu kurang lebih semacam ini:

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang”.

Kata-kata yang Rasulullah sabdakan itu seketika memantik rasa penasaran dan segera ingin mencoba. Walaupun, kala itu awesome writer belum tahu betul manfaat di balik olahraga memanah. Kalian pernah membaca atau mendengar manfaat dari memanah? Kalian harus tahu bahwa memanah rupanya banyak memberikan manfaat bagi siapa saja yang memainkannya. Kali ini alhamdulillah awsome writer punya beberapa info tentang sebuket manfaat memanah seperti yang berikut ini:

1. It's Sunnah!
Sebagaimana yang telah awesome writer sisipkan sebelumnya, olahraga yang satu ini termasuk anjuran dari Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam. Rasulullah menganjurkan olahraga panahan sebab beliau paham ada manfaat besar di baliknya. Kalian pasti tahu dong kalaulah sunnah itu mendatangkan kecintaan Allah? Nah, olahraga memanah ini bisa menjadi salah satu sunnah menuju keridhaan Allah Rabbul 'Alamin. Apalah lagi coba yang lebih menggembirakan selain kita mendapat cinta atau dicintai Allah? Bahkan, sebagai tambahan, berjalannya kita untuk mengambil anak panah bisa menjadi pahala jika niat kita ikhlas berlatih hanya untuk AllahMasyaa Allah...

2. Menjaga Kesehatan Mental
Memanah adalah olahraga yang mensyaratkan ketenangan mental. Olahraga ini melatih kita untuk mengontrol frontal lobe menjadi lebih rileks. Keadaan mental yang terlalu riuh hanya akan membuat busur di tangan kita gagal menghantarkan anak panah pada tujuan yang seharusnya.

3. Mempertajam Fokus
Membidik sasaran dalam olahraga memanah bukan hal yang mudah. Pemanah harus belajar bagaimana caranya membuang segala turbulensi dalam pikirannya. Pemanah harus memfokuskan diri hanya pada apa yang sedang dilakukannya untuk kemudian melepaskan tali busur secara konsisten. Mempertajam fokus atau konsentrasi dalam latihan memanah faktanya dapat mempengaruhi aspek lain dalam kehidupan. Pemanah yang telah terbiasa mempertajam fokusnya menjadi terbiasa pula untuk fokus pada kegiatan keseharian lainnya. Sehingga, ia tidak mudah terganggu dengan keriuhan apapun.
.
4. Meluruhkan Stress
Meluncurkan anak panah, melihatnya melayang dan terbang menuju sasaran, kemudian suara tertancapnya anak panah pada target secara mengejutkan mengadirkan ketenangan dan meluruhkan stress. Tidak percaya? Buktikan deh! Trust me it works! Hehehe...

5. Menyeimbangkan Koordinasi Tubuh
Dalam menghasilkan tembakan jitu kita dituntut untuk berdiri pada posisi yang tepat, memegang busur pada posisi tepat pula, dan tentunya menarik anak panah dengan cara yang seharusnya. Bahkan, besarnya tarikan tali busur untuk memanah juga patut diperhitungkan. Semua teknik dan tahapan dalam memanah ini tidak lain menyebabkan tubuh kita harus berkoordinasi dengan baik.

6. Meningkatkan Kekuatan
Memanah membuat tangan-tangan kita menjadi lebih kuat. Bukan hanya tangan, secara umum untuk senantiasa dapat memanah dengan baik, maka tubuh kita juga dituntut untuk bugar. Selain itu, latihan ini juga membuat kita harus berjalan demi mengambil kembali anak panah yang telah melesat. 

7. Meningkatkan Kesabaran
Membidik target dengan sempurna mungkin menjadi dambaan bagi para pemanah pemula. Padahal, di balik latihan memanah kita diajarkan sesautu yang melebihi itu, yaitu sabar. Semua rangkaian dalam latihan memanah membutuhkan kesabaran dan ketenangan. Jika tidak demikian, bukan hanya konsentrasi kita yang runtuh tetapi juga anak panah akan senantiasa melesat dari tujuan.

8. Meningkatkan Kepercayaan Diri (Self Esteem)
Percaya pada kemampuan diri adalah hal penting lainnya dalam memanah. Kita yang kurang percaya diri secara ajaib akan nampak dari laju anak panah yang kita lesatkan. Kalulah kita yakin kita bisa mencapi target, maka anak panah itu tak akan pernah berlari dari tujuan. Bahkan seorang yang buta sekalipun masih tetap bisa melesatkan anak panahnya pada target jika ia percaya bahwa dirinya bisa. Hal ini juga tentunya dengan bantuan dari Allah ya. Jadi, terus-menerus latihan memanah secara konsisten mendorong kita untuk selalu percaya pada diri bahwa kita bisa. Alhasil kita menjadi lebih percaya diri.

Begitulah kira-kira sebuket manfaat memanah dari awesome writer. Kalian tertarik untuk memanah juga? Nah kalian yang penasaran ingin merasakan serunya olahraga memanah dan qadarullah ada di sekitar Kota Bandarlampung, nih bisa langsung terjun ke lokasi ini: Lampung Horsebow Club.

You May Also Like

0 comments