Berilmu Yuk, Agar Hijrahmu Tetap "Solid"!

by - 6:36:00 AM

Credit: Unsplash
Awesome readers, kalian pasti tahu bahwa istilah hijrah begitu populer belakangan ini. Istilah ini menjadi semakin beken setelah para artis ikut tergerak untuk hijrah. Kita sebut saja Teuku Wisnu atau Egi John. Bahkan, awesome writer sendiri pernah berpapasan dengan seorang mantan aktris sinetron yang kalau tidak salah pernah tenar di tahun 90-an. Sayang, awesome writer lupa namanya. Saat itu beliau bahkan menjadi salah satu panitia kajian Al Fawaid yang dibawakan oleh Ustadz Badrusalam di Masjid Al Bina, Senayan.

Alhamdulillahi ladzi bini' matihi thathimush shalihat ketika banyak insan semakin tergerak untuk kembali pada Rabb-nya. Tetapi, faktanya hijrah itu tidak semudah yang kita imajikan. Allah telah mengingatkan kita bahwa Dia akan menguji hamba-hambanya yang beriman. Ujian akan membuktikan siapakah di antara kita yang "benar" dalam hijrahnya.

Lantas, kalau memang hijrah tak seenteng itu, maka apa yang harus kita lakukan? Apa yang harus kita lakukan agar  hijrah tetap "solid"?  Sehingga kemudian hijrah dapat memudahkan kita menuju jannah? Nah, awesome readers jawabannya ialah  berilmu atau menuntut ilmu. 

Dambaan terbesar kita pasca hijrah  adalah dapat tetap istiqamah. Sedangkan, istiqamah dalam hijrah mustahil diraih, kecuali kita berilmu. Dengan ilmu kita dapat membedakan antara kebaikan dan kebathilan. Dengan ilmu kita dapat memisahkan antara petunjuk dan kesesatan. Dengan ilmu kita dapat mengecualikan kebid'ahan dari sunnah yang mulia. Ilmu pula yang menyebabkan kita dapat mencintai Allah dengan segenap hati. Lalu, pada gilirannya Allah akan menghujani kita dengan cinta-Nya.

 Keutamaan Ilmu (dikutip dan diseseuaikan dari Muslimah.Or.Id) : 

  • Ilmu adalah sebab  kebaikan di dunia dan di akhirat Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, "Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan ada padanya, maka Allah akan faqihkan (pahamkan) ia dalam agama." (Muttafaq 'alaih)
  • Ilmu sebagai  benteng dari syubhat dan fitnah karena dengan ilmu kita dapat menjaga diri dari kerancuan pemikiran dan membantah orang-orang yang ingin merusak agama.
  • Ilmu adalah  jalan menuju surga karena dengan ilmu kita dapat beribadah dengan benar. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu, maka akan Allah mudahkan jalannya menuju surga." (H.R. Muslim)
Namun demikian, kadang kala kita merasa bosan atau malas dalam menuntut ilmu. Lalu, bagaimana nih awesome readers solusinya? Hmm... Syaikh bin Shalih Al Utsaimin (dikutip dari Muslim.Or.Id) menjawabnya. Di antara kiat untuk mengatasi rasa bosan dan malas dalam menuntut ilmu adalah: 
  • mengikhlaskan niat hanya karena Allah, 
  • membersamai teman-teman yang semangat dalam menuntut ilmu, dan 
  • bersabar ketika jiwa mengajak untuk berpaling dari ilmu.
Well awesome readers, semoga Allah menolong kita agar memiliki semangat yang berkepanjangan dalam menutut ilmu. Selain itu, semoga ilmu yang sudah kita tempuh menjadi "ilmu yang bermanfaat" bagi diri kita. Sehingga kemudian hijrah kita tak gagal dan tetap solid. Lalu tentunya memudahkan jalan kita di akhirat kelak.

Wanna some more about this? Try These!


 Referensi : 
Yulian Purnama. (2014). Kiat Mengobati Futur dan Malas Menuntut Ilmu Agama. Diakses pada 22 Januari 2018, dari https://muslim.or.id/20724-kiat-mengobati-futur-dan-malas-menuntut-ilmu-agama.html.

Ummu Aisyah Emmi. (2015). Keutamaan Ilmu. Diakses pada 22 Januari 2018, dari https://muslimah.or.id/7545-keutamaan-menuntut-ilmu.html.

You May Also Like

0 comments