Book Review: Bergembiralah Orang-orang yang Sabar

by - 9:30:00 AM


Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.
(Q.S. Az Zumar: 10)

Kehidupan ini tak 'kan pernah sepi dari ujian. Allah menciptakan setiap insan sepaket dengan berbagai ujian. Seseorang kadangkala akan Allah uji dengan kenikmatan. Sementara di waktu yang lain, Allah uji ia dengan kesempitan. Lapang maupun sempit terus Allah pergilirkan bagai siang dan malam. 

Manusia yang paling berat ujiannya adalah para Nabi kemudian orang-orang mulia setelahnya dan seterusnya (sesuai dengan tingkat keimanan mereka). Semakin "megah" iman seorang insan, maka sebesar itu pula Allah akan uji ia sesuai dengan kadar imannya itu.

Syaikh Mustafa Al-'Adawi
mengajak pembaca dalam buku ini untuk menyelami berbagai bentuk ujian dari para insan teladan. Beliau ingin memotivasi para pembaca tentang kesabaran melalui buku ringkas nan praktis ini.

Pemilihan Dalil
Hal pertama yang paling memikat menurut awesome writer adalah pemilihan dalil dalam buku ini. Syaikh Mustafa Al-'Adawi telah berusaha membubuhkan dalil-dalil yang shahih. Allah kemudian menganugerahkan petunjuk pada beliau dalam memilih seluruh dalil dalam buku ini. Sehingga, dalil-dalil yang ada dalam buku ini terkesan begitu apik. Dalil-dalil yang ada dalam buku ini rasanya begitu melekat dan terasa langsung meresap ke dalam sanubari. Dalil-dalil yang dibawakan bagai hujan yang membasahi tanah yang gersang.

Selain Kesulitan, Nikmat Juga Bagian Dari Ujian
Pada permulaan buku, Syaikh Mustafa Al-'Adawi kembali menyegarkan ingatan kita bahwa sejatinya ujian tak melulu berupa kesempitan hidup. Ujian dalam bentuk kenikmatan tak jarang justru banyak membuat kita terlena dari rasa syukur kepada Allah. Kenikmatan yang seharusnya membuat kita memuji Allah, justru seringkali membuat kita menjadi tinggihati.

Warna-warni Ujian
Penulis bernarasi secara ringkas dalam buku ini tentang beragam warna-warni ujian yang dihadapi manusia. Menariknya, manusia yang menjadi tokoh utama dalam buku ini tidak lain adalah manusia-manusia teladan pilihan Allah.

"Orang yang terjaga adalah mereka yang dijaga Allah."
(Halaman 58)

Adab yang Mulia dalam Terpaan Ujian
Syaikh Mustafa Al-'Adawi menyelipkan pelajaran mungil tentang adab di dalam buku ini. Beliau menjelaskan bagaimana adab para manusia pilihan Allah ini dalam menghadapi ujian. Bahkan, beliau memaparkan secara ringkas bagaimana seharusnya kita bermunajat kepada Allah di kala ujian mendera.

Faedah-faedah Ujian
Walaupun buku ini terbilang ringkas, penulis tak lupa untuk memperkaya bukunya dengan beragam faedah di balik ujian. Beberapa faedah yang beliau sisipkan berhasil menjernihkn hati dan akal awesome writer. Berbagai faedah di balik ujian ini bagai potongan yang hilang dalam sebuah teka-teki.

Buku ringkas nan praktis ini sungguh tepat untuk dijadikan teman santai yang full faedah. Selain itu, buku ini diterjemahkan dan disusun dengan tata bahasa yang "rapi".

Namun sayang, awesome writer sempat temui satu judul bab yang kurang relevan dengan kontennya. Di sisi lain, cover buku ini terlihat terlalu kuno untuk judul dan konten buku yang begitu menarik. Nevertheless, buku ini worthed pokok untuk jadi referensi ilmu.

So, do you wanna keep this one? Go ahead, Insya Allah you'll never regret it, Awesome Readers! 

You May Also Like

0 comments