10 Secrets of Inspiration

by - 5:37:00 PM

Credit: Zach Lucero on Unsplash
Awesome readers ! 
Kabar kalian baik hari ini? Jangan-jangan kabar kalian lebih fenomenal dari hari-hari sebelumnya? Hehehe... Bagaimanapun keadaan kalian hari ini, yuk kita selalu ingat untuk memuji Allah. 

 Alhamdulillah ... 

Nah, kali ini awesome writer ingin bincang ringan bersama kalian. Awesome writer punya 10 hal yang mungkin bisa memicu inspirasi buat kalian. Sepuluh hal berikut ini remarkably inspired me:

  1. Allah Rabbul Alamin
  2. Al Qur'an dan As Sunnah
  3. Reading Books
  4. A Silly Cat
  5. Library
  6. Soliloquy
  7. Digital Information
  8. Best Friends
  9. Imperfection
  10. Leave Your Cubicle for a While

 1). Allah Rabbul Alamin 
Rahasia pertama ini adalah rahasia paling brilian, awesome readers. Rahasia atau lebih tepatnya kunci ini adalah pengingat bahwa setiap inspirasi yang tersebar di dunia ini datangnya hanya dari Allah. Allah adalah Pencipta kita, Rabb Yang Maha Mengetahui, Yang Maha Bijaksana, dan seluruh ilmu ada pada-Nya. Jadi, kalau kalian butuh inspirasi langsung saja mengiba kepada Allah. Oia, ingat juga untuk selalu bertakwa kepada Allah agar Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesulitan kita.

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. 
(Q.S. At Talaq: 2-3)

 2). Al Qur’an & As Sunnah 
Dua rahasia ini merupakan rahasia yang menginspirasi agar kita bisa menjadi hamba yang paling baik di hadapan Allah. Allah yang menurunkan Al Qur'an melalui perantara malaikat Jibril kepada Rasulullah. Sementara itu, As Sunnah menolong kita untuk dapat memahami Al Qur'an sesuai dengan apa yang Rasulullah dan para sahabat beliau shalallahu 'alaihi wa sallam ajarkan. 

 3). Reading Books 
Kalian gemar membaca, awesome readers? Membaca, terutama membaca buku memiliki banyak sekali manfaat. Membaca dapat membantu kita mempertajam memori, mereduksi stress, menjadi kesenangan yang bijaksana, dan masih banyak lagi. Tak heran ya... Allah memerintahkan kita untuk membaca.

Manfaat membaca buku yang begitu melimpah, tak ayal membaca akan mampu membantu kamu menemukan banyak inspirasi. Entah inspirasi untuk menulis, untuk memecahkan masalah, atau bahkan inspirasi untuk menggapai cita-cita.

Credit: Giphy
 4). A Silly Cat 
Menurut awesome writer kucing adalah hewan ter-silly yang pernah ada. Tapi kekonyolan yang terlampir nyata itu justru menciptakan dampak perdamaian dunia yang luarbiasa, haha... pardon me. Awesome writer merasa ciptaan Allah yang satu ini begitu masya Allah. 

Ada seekor kucing yang menginspirasi awesome writer tentang kesabaran. Haaah? Yah, ada satu yang seperti itu. Dia tidak lain adalah Syafiq. Bocah ini adalah street cat yang dicampakan ibundanya ketika sang ibunda merasa anaknya sudah cukup mampu untuk hidup mandiri. Pardon me (again), hehe...

Syafiq adalah nama yang awesome writer anugerahkan untuknya karena kucing satu itu penyayang sekali. Berbeda dengan kucing lain pada umumnya, kucing satu itu tak suka banyak merajuk dan making too much noise ketika lapar. Syafiq cukup memandang awesome writer dengan ekspresi wajah memelas dan mata yang berbinar.

Credit: Giphy
 5). Library 
Beberapa hari lalu, awesome writer sempat kesulitan untuk mengelaborasi tulisan ini. Alhamdulillah akibat jadwal yang unpredictable, kemarin tiba-tiba saja awesome writer harus ikut ke kampus. Awesome writer tak punya pilihan selain ikut menemani seorang kawan untuk mengambil insentif ke gedung serbaguna Unila. Well, kita skip cerita kawan yang satu itu.

Pada inti ceritanya, awesome writer harus menunggunya merampungkan urusan. Qadarullah, gedung serbaguna berdiri tepat di depan perpustakaan universitas. Tanpa pikir panjang, awesome writer memilih untuk menunggunya di sana. 

Awesome writer masuk sebagai tamu menggunakan KTP lalu menuju ke ruang skripsi. Buntu... maka mata (dan) hati awesome writer tertuju pada ruang dimana buku-buku berjajar. Tidak banyak berekspektasi, memilah dan memilih buku-buku.

Awesome writer akhirnya terpaut dengan satu buku berjudul Cognition. Sebuah buku yang mengulas hal-hal "berbau" psikologi. Allah kemudian menganugerahkan banyak sekali inspirasi melalui buku itu hingga akhirnya ide utuh untuk tulisan kali ini jadi paripurna. Alhamdulillah...

Credit: Unsplash
 6). Soliloquy 
Awesome readers bagaimana pendapat kalian ketika kalian menemukan orang yang asik berbicara sendiri? Huuu... apakah menyeramkan? Apakah kalian berniat untuk segera lari darinya? Hah... atau jangan-jangan kalian adalah satu di antara mereka yang cukup gila untuk berbicara sendiri? Kalau iya, haha... welcome to the club!

Soliloquy adalah kegiatan berbicara dengan diri sendiri. Para soliloquer (istilah tak resmi yang awesome writer ciptakan sendiri) biasanya mengajak diri sendiri untuk berbincang tentang perasaan pribadi, tentang kepercayaan, atau tentang pikiran sendiri terhadap sesuatu hal.

Awesome writer lupa dari mana datangnya informasi ini, tapi dikatakan bahwa mereka, soliloquer adalah orang-orang yang cerdas. *throwingConfetti* *remarkablyHappy* Dalam ilmu komunikasi, awesome writer percaya kegiatan ini masuk dalam kategori komunikasi intrapersonal.

Soliloquer yang terbiasa berdialog dengan dirinya telah membantu dirinya sendiri untuk menyusun kembali atau istilah english-nya rearrange ide-ide yang bertaburan dalam otaknya. So, you dare to try? Trust me it's electrifying your brain!

Credit: Giphy
 7). Digital Information 
Awesome readers, sebagian informasi yang tersedia di internet sangat berguna untuk menggali inspirasi. Bahkan, kita dapat mengakses informasi-informasi tersebut secara instan. Namun sebagai konsumen informasi digital, kita harus jeli dan berhati-hati baik dalam mendapatkan, dalam memilih, dalam menyimpan, maupun dalam menyebarkan informasi tersebut, yah...! Semangat #LiterasiDigital !

Credit: Giphy
 8). Best Friends 
Sahabat, selain sebagai endorphin, mereka juga bisa membantu kita untuk menemukan inspirasi. Mereka adalah orang yang paling mengerti kita dibandingkan manusia lainnya, bahkan mungkin melebihi orang tua kita sendiri. Mereka dapat menyadarkan kita akan nilai-nilai positif yang kita miliki. Dengan begitu, inspirasi akan lebih mudah mengetuk benak dan hati kita.

Credit: Giphy
 9). Imperfection 
Ketidaksempurnaan atau kekurangan tak selamanya merupakan hal yang buruk. Ketidaksempurnaan justru menyadarkan kita tentang  kesempurnaan  yang paling abadi, yaitu  Allah.  Ketidaksempurnaan biasanya akan membuat kita berpikir lebih keras. Proses untuk melenyapkan atau setidaknya meminimalisir ketidaksempurnaan pada gilirannya membiasakan diri kita untuk menjadi lebih kreatif dan inspiratif. Selamat Datang Ketidaksempurnaan! Selamat Datang Inpirasi!

Credit: Giphy
 10). Leave Your Cabin for a While 
Awesome readers, kiat atau rahasia lainnya yang bisa kalian praktikan untuk menemukan inpirasi adalah "pergi/ keluar" untuk sejenak waktu. Yaps, kalian mungkin perlu keluar dari cabin kalian masing-masing. Pergi sejenak meninggalkan cabin kita bisa membantu menjernihkan pikiran. Kalian bahkan tak perlu pergi terlalu jauh dari cabin kalian. Kalian bisa saja keluar untuk sekadar melihat daun-daun jatuh berguguran. Kalian juga bisa melihat awan yang berarakan. Tapi, kalau kalian memang punya cukup biaya untuk pergi lebih jauh dari itu, boleh juga!

Credit: Giphy

You May Also Like

0 comments